Kadilangu - SUB PIN POLIO DESA KADILANGU

SUB PIN POLIO DESA KADILANGU

KADILANGU- Imunisasi polio merupakan upaya untuk melindungi anak dari penyakit polio. Penyakit POLIO adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan, penyakit ini disebabkan oleh virus dan sangat menular terutama pada anak-anak dibawah usia 15 tahun. 

Ancaman polio menjadi besar bila cakupan vaksinasi polio rendah. Dalam upaya pencegahan Penyakit Polio di Desa Kadilangu Kepala Desa yaitu Ibu Ida Fitriana,S.E membersamai pelaksanaan SUB PIN POLIO yang dilaksanakan oleh puskesmas kangkung 2.

Gejala apa yang timbul jika terkena polio ?

Gejala awal polio :

Demam, Kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan di leher dan nyeri di tungkai. Muncul 7-10 hari setelah terinfeksi (rentang 4-35 hari), dapat terjadi kelumpuhan pada anggota gerak (lemas)

Bagaimana virus polio bisa menyebar?

Virus polio menyebar melalui FECAL - ORAL, artinya virus berkembang biak di sistem pencernaan dan di keluarkan melalui feses (tinja) kemudian menyebar melalui air. Risiko semakin besar jika sanitasi tidak baik seperti perilaku BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN. Vaksin POLIO memberikan kekebalan, apabila tertular pada anak dapat terlindungi dari kelumpuhan dan kematian akibat virus POLIO. Tidak ada obat untuk polio. Satu satunya cara dengan pencegahan pemberian imunisasi

Bagaimana masyarakat bisa terlindungi dari virus polio ?

POLIO bisa dicegah dengan melakukan imunisasi. Imunisasi POLIO diberikan sebanyak 4 kali sampai anak 4 bulan. Dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di setiap wilayah tanpa terkecuali anak akan terhindar dari virus POLIO. Lengkapi dosis vaksin POLIO TETES dan Suntik Sesuai dengan umur anak. Jika anak belum mendapatkan imunisasi lengkap maka dapat berkonsultasi dengan Puskesmas Setempat.

APA ITU SUB PEKAN IMUNISASI NASIONAL (SUB PIN) POLIO ?

Sub Pekan Imunisasi Nasional (SubPIN) POLIO adalah kegiatan pemberian Vaksin POLIO kepada anak usia 0- 7 tahun.

Tujuannya :

  • sebagai tindak penanggulangan kasus KLB POLIO di wilayah (Jawa Barat pada Februari 2023 menyatakan KLB POLIO setelah ditemukan kasus positif di purwakarta)
  • Sebagai pencegahan terjadinya kasus polio


Dipost : 18 Januari 2024 | Dilihat : 64

Share :