Kadilangu - POSYANDU DUSUN RANGKUDAN

POSYANDU DUSUN RANGKUDAN

Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. 
Pada Rabu (10/01) kader-kader Posyandu balita Dusun Rangkudan melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Kangkung II. Kegiatan ini di dilaksanakan di rumah bapak subiyanto, Dusun Rangkudan Desa Kadilangu. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain Penimbangan balita dan anak.  
Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Kendal. Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, dan stimulasi tumbuh kembang anak.


Dipost : 10 Januari 2024 | Dilihat : 48

Share :